9 Cara Memulai Usaha Keripik Singkong Cocok Untuk Pemula

9 Cara Memulai Usaha Keripik Singkong Cocok Untuk Pemula

Usaha keripik singkong cukup banyak dilirik karena prospek yang masih terbuka lebar.

Selain itu, cara mengolah yang tidak sulit dan peralatan sederhana membuat bisnis keripik cocok dipilih sebagai usaha rumahan.

Agar bisnis kriprik singkong berjalan lancar, Anda bisa ikuti cara memulai usaha keripik singkong yang telah dijelaskan oleh Centralusaha.id berikut ini.

9 Cara Memulai Usaha Keripik Singkong

1. Mengenali Jenis Singkong

Mengenali Jenis Singkong

Cara pertama yang harus Anda perhatikan dalam memulai usaha keripik singkong adalah mengenali jenis singkong yang berkualitas baik untuk keripik.

Hindari memilih singkong berkualitas buruk karena akan membuat keripik singkong yang dihasilkan tidak enak baik dari tekstur hingga rasa keripiknya.

Singkong yang digunakan untuk memproduksi keripik adalah singkong yang masih segar dengan kulit yang masih menempel dengan baik di daging singkong.

Cara lain untuk mengecek apakah singkong yang digunakan berkualitas baik atau tidak adalah dengan memperhatikan pangkal singkongnya.

Singkong yang berkualitas baik apabila dikupas maka daging singkong tampak putih dan tidak memiliki garis-garis biru kehitaman pada daging singkongnya.

Jenis-jenis singkong yang biasa digunakan adalah singkong mentega, singkong gajah, dan lainnya.

Singkong mentega sendiri adalah singkong yang paling bagus karena teksturnya empuk, rasanya enak, dan manis.

2. Bereksperimen dengan Rasa dan Tekstur

Cara memulai usaha keripik singkong berikutnya adalah dengan bereksperimen dengan rasa dan tekstur singkong terlebih dulu.

Saat ini ada banyak rasa keripik singkong yang tersedia di pasaran tidak hanya rasa asin atau pedas saja. 

Sekarang semakin berkembang, ada rasa keju, rasa balado, bahkan rasa coklat, dan lainnya.

Lakukan eksperimen dengan berbagai rasa produk keripik singkong yang bisa diinovasikan. 

Anda bisa mencari resep membuat keripik singkong yang enak dengan aneka rasa yang tersedia di Google maupun melalui platform berbagi video Youtube.

Simak Juga:: 9 Cara Memulai Usaha Kue Rumahan Sederhana Supaya Ramai

3. Teliti Potensi Pasar

Teliti Potensi Pasar

Jika Anda sudah mendapatkan resep membuat keripik singkong yang enak, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan survei atau riset pasar secara mendalam.

Lakukan riset kondisi pasar secara mendalam mengenai jumlah kompetitor yang ada di sekitar Anda hingga permintaan pasokan keripik singkong.

Cek apa saja kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor Anda dan kekurangan yang mungkin bisa menjadi kelebihan produk Anda.

4. Perhitungkan Modal yang Dibutuhkan

Perhitungkan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha keripik singkong.

Modal usaha dibagi menjadi dua macam, yakni modal tetap yang berupa investasi jangka panjang hingga modal produksi bulanan. 

Modal tetap berupa peralatan untuk memasak, alat pengiris singkong, alat press kemasan, dan lainnya.

Sementara modal produksi adalah modal yang dibutuhkan untuk sekali atau beberapa kali produksi saja seperti singkong, bahan bakar memasak, minyak goreng, dan lainnya.

5. Nilai Utama yang Menjadi Daya Jual

Nilai Utama yang Menjadi Daya Jual

Tips penting berikutnya dalam memulai usaha keripik singkong adalah memikirkan apa nilai utama yang ingin Anda jadikan sebagai daya jual dari produk-produk Anda.

Pikirkan apa value dan keunikan yang membuat produk Anda bisa stand out di antara produk-produk kompetitor yang serupa.

Untuk membuat produk yang memiliki value tersendiri, bisa dilakukan salah satunya adalah dengan membuat brand dan logo yang unik.

Buatlah logo yang eye catching sehingga mudah diingat oleh masyarakat.

6. Mempersiapkan Kemasan

Setelah Anda merancang nama brand produk dan juga logo untuk produk keripik singkong, maka tahap berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah merancang kemasan produk. 

Kemasan produk adalah bagian dari pemasaran yang sangat penting karena kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen.

Kemasan yang dirancang harus disesuaikan dengan target pasar. 

Apabila target pasaran Anda adalah untuk penjualan di minimarket ataupun toko-toko besar, maka kemasan yang dibuat haruslah profesional seperti kemasan snack yang biasa Anda temui di minimarket.

Kemasan snack yang tampak professional biasanya tidak tembus pandang sehingga konsumen tidak bisa melihat langsung produk di dalamnya.

Bahan yang dipilih juga harus disesuaikan dengan produknya. 

Misal jika produk adalah keripik, maka kemasan harus kedap udara agar keripik tetap renyah.

Kemasan yang biasa dipilih untuk snack keripik adalah aluminium foil. 

Dengan kemasan berbahan aluminium foil, maka Anda bebas menyematkan desain warna dan gambar pada bagian luar kemasan sehingga produk tampak lebih profesional dan bisa Anda jual dengan harga lebih mahal.

7. Cara Pemasaran

Cara Pemasaran

Matangkan pula konsep pemasaran yang akan Anda gunakan untuk memperkenalkan produk Anda ke konsumen.

Ada berbagai konsep pemasaran yang bisa dicoba dewasa ini, baik pemasaran online dan offline.

Pemasaran online bisa menjadi pilihan terutama untuk mereka yang belum memiliki modal besar untuk membuka toko atau kedai cemilan sendiri.

Pemasaran via online bisa dilakukan melalui marketplace, sosial media, dan lainnya.

Anda juga bisa membuka booth usaha, display etalase, atau gerobak jualan sebagai tempat pemasaran utama.

Selain itu, pemasaran juga bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan mitra seperti pemilik toko oleh-oleh dan sebagainya.

Sistem konsinyasi adalah salah satu cara pemasaran yang banyak digunakan untuk menjual produk cemilan.

Cara ini dilakukan dengan cara menitipkan produk Anda di toko, kemudian nantinya Anda memberikan komisi dari produk yang terjual ke toko.

8. Lakukan Analisa Keuntungan Bisnis

Sebelum menjalankan bisnis keripik singkong, pastikan Anda sudah melakukan analisa keuntungan bisnis secara mendalam terlebih dulu. 

Analisa keuntungan bisnis harus mempertimbangkan berapa modal produksi bulanan dan juga pendapatan kotor dari jumlah produk yang terjual atau pesanan yang masuk. 

Selain mempertimbangkan modal produksi bulanan, perhitungkan juga biaya perawatan dari peralatan memasak, peralatan pengemasan, dan juga peralatan tetap lainnya.

Simak Juga:: 9 Tips Memulai Usaha Katering Rumahan Supaya Langsung Ramai

9. Tentukan Target Pasar

Tentukan Target Pasar

Target pasar adalah hal penting yang tidak boleh terlewat ketika memulai bisnis.

Ada banyak target pasar yang bisa Anda sasar untuk produk keripik singkong mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa suka keripik singkong. 

Jika menyasar anak-anak, maka kemasan harus dibuat kecil agar terjangkau.

Meskipun bisnis keripik singkong terdengar sederhana, namun jika ingin bisnis Anda sukses dan berkembang tentu harus dipelajari tips dan cara memulai usaha keripik singkong yang tepat.

Memulai bisnis dengan benar sejak awal adalah kunci keberhasilan bisnis di masa yang akan datang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *