7 Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak Dengan Modal Kecil

cara-memulai-usaha-toko-mainan-anak

Meski jarang dilirik oleh orang kebanyakan sebagai salah satu bisnis, cara memulai usaha toko mainan anak memiliki potensi yang besar.

Anak-anak seringkali meminta mainan kepada orang tua sebagai reward. Ada juga orang tua yang memanjakan anaknya dengan membelikan mainan.

Potensi besar juga datang dari minimnya orang yang berpikir bahwa bisnis ini menguntungkan.

Mainan memang tidak seperti sembako yang setiap hari habis, namun saingan Anda akan sangat sedikit di lingkungan.

Berikut adalah ulasan dari Centralusaha.id mengenai cara memulai usaha toko mainan anak agar Anda bisa untung lebih banyak.

7 Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak

1. Cek Lingkungan Untuk Membangun Toko

Cek Lingkungan Untuk Membangun Toko

Pengecekan ini dilakukan agar Anda tidak membangun toko yang dekat dengan toko lainnya.

Pasalnya, jika toko Anda kalah besar dan lengkap, orang-orang tidak akan datang ke toko Anda.

Untuk itu, pastikan tier kawasan tokonya tidak memiliki toko mainan lain.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui apakah lokasi tersebut nantinya cocok atau tidak untuk dibuat sebuah toko mainan.

Ada baiknya, toko terletak di jalan yang strategis dengan banyak orang berlalu lalang. Jika letak toko berada di dalam sebuah gang sempit, potensinya menjadi kecil.

Membangun sebuah toko juga memerlukan izin usaha ke RT atau RW. Penghasilan sebuah toko harus berada dalam pengawasan karena akan berhubungan dengan pajak.

Maka dari itu, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi dalam rencana Anda memiliki perizinan yang lunak.

2. Rencanakan Barang Mainan yang Akan Dijual

Ada berbagai jenis mainan yang bisa dijual dalam toko dan Anda bisa fokus terhadap jenis mainan tertentu.

Ada mainan yang hanya diperuntukkan untuk anak dengan rentang usia 1-3 tahun.

Harganya lebih mahal karena mempertimbangkan keamanan mainan untuk usia mereka.

Ada juga jenis mainan yang diperuntukkan anak balita atau di bawah lima tahun. Jenis mainan ini lebih beragam dan bersifat edukasi seperti roleplay.

Ada pula mainan yang bersifat lebih bebas dan mengikuti tren dan biasanya target pasar mengarah ke anak di atas 5 tahun.

Jika Anda tidak ingin fokus ke salah satu jenis mainan saja, Anda bisa menerapkan cara memulai usaha toko mainan anak yang lengkap.

Namun, pertimbangan nantinya mengacu kepada modal yang disanggupi dan juga besarnya toko mainan yang akan Anda bangun atau buat.

Simak Juga:: 7 Tips Membuka Usaha Sembako dengan Modal Kecil Bagi Pemula

3. Memilih Asal Distributor Mainan

Memilih Asal Distributor Mainan

Mainan anak yang dijual di Indonesia tidak hanya berasal dari produsen lokal saja. Umumnya, yang memiliki harga lebih murah diimpor dari China.

Anda perlu mempertimbangkan mainan impor karena selain jenisnya yang lebih beragam, harganya juga murah untuk dijual kembali.

Biasanya, mainan impor menggunakan bahan berupa plastik dengan berbagai tingkat kualitas.

Semakin bagus kualitas plastik atau warna, maka harganya pun semakin tinggi. Namun, di pasaran tetap memiliki daya jual yang lebih baik karena terjangkau di masyarakat.

Satu hal yang perlu Anda pastikan dari memulai usaha ini adalah keresmian dari mainan ini.

Pastikan kemasannya tertera dengan lambang SNI. Lambang ini menjadi tanda bahwa mainan sudah sesuai standar, tidak berbahaya dan aman untuk anak-anak.

4. Menerapkan Harga

Ingat, Anda akan selalu bersaing dengan toko lainnya meskipun jaraknya lebih jauh dari toko yang Anda bangun. Belum lagi persaingan dengan toko online.

Toko mainan online lebih sering memasang harga yang jauh lebih rendah daripada toko offline.

Maka dari itu, penerapan dalam memasang keuntungan perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, lihat terlebih dahulu siapa yang menjadi saingan Anda. Apakah itu toko sebelah atau toko online. Cek seberapa tinggi harga mereka sehingga Anda bisa memasang untung.

Anda juga harus mempertimbangkan harga yang harus Anda keluarkan ketika membangun toko, baik modal awal maupun modal bulanan.

Ada ongkos ketika harus berbelanja mainan, listrik toko, kebersihan toko, hingga membayar pegawai jika Anda tidak menjaganya sendiri.

5. Penjual Memahami Deskripsi Mainan

Penjual Memahami Deskripsi Mainan

Tak banyak yang tahu bahwa seorang penjual mainan harus memahami jenis mainan yang dijualnya.

Meski Anda bukan anak-anak lagi, namun Anda harus tahu cara kerja mainan tersebut. Apalagi jika mainannya bersifat edukasi atau memiliki gerak-gerak tertentu.

Maka dari itu, pelajari mainan yang Anda belanjakan. Mulai dari cara kerjanya, bahan yang dipakai mainan seperti plastik, karet, logam, dan keunggulannya.

Menerangkan deskripsi kepada pembeli membuat pembeli akan tertarik karena mendapat penjelasan yang baik.

Jangan lupa untuk selalu tersenyum ketika memberi penjelasan.

Bagaimanapun, memulai usaha toko mainan anak tidak akan berjalan jika Anda bersifat tidak ramah kepada calon pembeli. Apalagi biasanya mereka membawa anak-anak sehingga Anda harus menyenangkan.

6. Mengikuti Tren

Saat membuka toko mainan, Anda juga perlu mengikuti tren mainan yang ada pada saat itu. Hal ini akan membuat toko mainan menjadi lebih ramai dan laku.

Pasalnya, anak-anak yang sudah di atas usia 5 tahun cenderung ingin ikut tren mainan yang dimiliki oleh temannya.

Maka dari itu, cari tahu jenis mainan yang benar-benar banyak dicari anak-anak.

Anda bisa riset secara online atau bisa jadi dari permintaan anak-anak yang datang ke toko.

Katakan bahwa Anda akan mencari mainan yang dimaksud, sehingga pelanggan akan kembali datang.

Tips memulai usaha mainan anak ini juga mempertimbangkan modal yang ada.

Tren cepat surut dalam waktu hitungan bulan, sebaiknya Anda tidak membeli dalam jumlah banyak. Hal ini malah akan membuat modal Anda habis tanpa balik modal kembali.

Simak Juga:: 7 Tips Membuka Usaha Toko Kelontong Sendiri Bagi Pemula

7. Mendekorasi Toko

Mendekorasi Toko

Tips terakhir adalah Anda perlu mendekorasi toko Anda dengan menarik. Hal paling utama adalah pencahayaan di dalam dan luar toko.

Lampu yang terang membuat toko jauh lebih menarik dan pembeli juga tertarik untuk memilih mainan dengan jelas saat berada di toko.

Selain lampu, dekorasi toko Anda dengan berbagai hal yang menarik. Anda bisa menggantung berbagai mainan yang dijual sehingga nampak seperti hiasan.

Jika ada mainan seperti kuda plastik, Anda bisa menaruh boneka di atasnya sehingga anak-anak yang datang merasa tertarik.

Berbagai cara memulai usaha toko mainan anak di atas bisa Anda terapkan untuk bisa mendapat keuntungan. Pastikan bahwa toko Anda selalu tampil menarik dan bebas dari debu. Pasalnya, debu akan membuat mainan tampak kusam dan merusak warna aslinya.

7 Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak Dengan Modal Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas