Cara Promosi Bisnis Gorden dan Keuntungan yang Akan Didapatkan

cara-promosi-bisnis-gorden-dan-keuntungan

Rumah menjadi hunian serupa istana bagi pemiliknya. Untuk membuat suasana menjadi nyaman, salah satu desain interior yang mendukung adalah gorden. Ini dapat menjadi permulaan bagaimana seorang pebisnis menentukan cara promosi bisnis gorden miliknya.

Gorden menjadi kebutuhan wajib untuk menghias jendela di rumah. Permintaan akan barang satu ini meningkat seiring waktu berjalan.

Jadi, tidak heran apabila bisnis ini sudah digeluti oleh banyak kalangan sejak bertahun-tahun lalu.

Biaya Modal untuk Memulai Bisnis Gorden

Untuk memulai bisnis gorden, Anda dapat berpatokan pada perkiraan modal berikut ini.

  • Sewa tempat (jika tidak membuka bisnis rumahan): Rp800.000
  • Gorden ukuran 0,9 cm x 2 m = 50 x Rp50.000: Rp2.500.000
  • Gorden ukuran 1,5 m x 2 m = 50 x Rp70.000: Rp3.500.000
  • Gorden ukuran 2 m x 2 m = 50 x Rp100.000: Rp5.000.000

Berdasarkan perkiraan kasar di atas, total modal adalah sebesar Rp11.800.000.

Cara Promosi Bisnis Gorden Supaya Laris Manis

Penggantian gorden dapat didasari oleh keinginan pemilik rumah yang hendak mengganti suasana.

Karena ini, bisnis gorden dikatakan cukup laris. Namun, bagaimana agar bisnis gorden Anda dapat laris seperti yang diinginkan?

1. Memahami Perihal Gorden

Dalam mencapai tujuan laris yang sebenarnya, tentu Anda harus melakukan promosi.

Promosi bisa dilakukan dengan metode konvensional atau modern. Tetapi, ada satu hal penting yang harus dimulai sebelum melakukan promosi.

Poin itu adalah mengenali jenis-jenis gorden terlebih dahulu.

a. Gorden Blinds

Gorden jenis ini umumnya dipakai pada gedung perkantoran. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bila ingin dipakai pada hunian bertema minimalis. Gorden blinds sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam, seperti romand blinds, roller blinds, serta horizontal dan vertical blinds.

b. Gorden Draperies

Fungsi dasar gorden ini adalah sebagai dekorasi. Gelombangnya indah, cocok bila digunakan di bagian sudut rumah. Bahan gorden ini tebal dan tebal dikarenakan adanya akrilik di setiap lipatan gorden.

c. Gorden Eyelet

Ciri khas gorden ini adalah adanya ring besi. Ring ini berfungsi sebagai alat penggantung gorden di suatu tiang atau batang. Bahan kain gorden ini ringan. Harga pasarannya dibanderol mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

d. Gorden Pleat

Mirip gorden blinds, gorden ini terbagi menjadi beberapa macam lagi; Tailored pleat, box pleat, goblet pleat, serta pinch pleat. Perbedaan keempatnya dapat dilihat dari sisi atas setiap gorden. Tailored pleat memiliki jahitan yang membentuk kerucut di bagian tasnya.

Sementara itu, box pleat berbentuk kubus (kotak), goblet pleat mirip piala, dan pich pleated memiliki susunan tiga sampai lima lipatan yang seimbang. Harga gorden jenis ini beragam, tergantung permintaan desain.

e. Gorden Tab Top

Sedikit menyerupai gorden eyelet, gorden ini memiliki ring besi. Gorden ini memiliki kain khusus di mana bagian ini akan dikaitkan pada suatu batang penggantung.

f. Gorden Scarves

Jenis gorden terakhir adalah scarves, di mana dikenal dengan keunikannya. Gorden ini bisa dikreasikan berdasarkan selera pribadi, karena bahan dasarnya hanya kain panjang. Anda bisa membentuk dan menggantungnya dengan model apa saja di batang penggantung.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah memahami setiap jenis gorden yang akan dijual, ini saatnya memulai promosi bisnis.

Langkahnya adalah menentukan target pasar. Dapat diklasifikasikan berdasarkan status ekonomi atau besar penghasilan mereka.

Ini disebabkan karena dengan perbedaan penghasilan, akan berbeda pula pilihan gorden mereka.

Misalnya, target pasar Anda adalah orang dengan penghasilan tinggi. Maka, gorden yang diperdagangkan adalah yang berkualitas tinggi pula.

3. Menjalankan Promosi

Menaikkan angka penjualan tentu harus dibarengi dengan implementasi promosi.

Dalam mencapai tujuan ini, Anda dapat menjalankan promosi dengan mengoptimalkan brand usaha Anda. Ini dapat dilakukan melalui pembuatan iklan di media sosial, juga promo menarik di hari-hari besar, misalnya.

4. Melakukan Penawaran di Media Sosial

Metode pemasaran online bisa menjadi cara promosi bisnis gorden untuk menjangkau calon konsumen lebih banyak lagi.

Metode ini cukup mudah dilakukan, karena Anda cuma perlu memaksimalkan penggunaan internet dan media sosial.

Masih bingung ingin mempromosikan usaha di platform mana?

Anda bisa memulai dari media sosial yang ramai digunakan masyarakat Indonesia, khususnya kalangan ibu-ibu dan young adult. Media sosial ini adalah Facebook serta Instagram.

5. Melakukan Penawaran Konvensional

Menggencarkan promosi secara online bukan berarti menghentikan promosi konvensional.

Dagangan bisa ditawarkan melalui metode mulut ke mulut.

Anda dapat mempromosikan usaha kepada kerabat, teman-teman, atau kepada orang-orang yang terlibat dalam pertemuan tertentu, di mana Anda juga adalah salah satu peserta pertemuan tersebut.

6. Jemput Bola

Jemput bola adalah cara promosi bisnis gorden untuk pemula, di mana Anda ‘bergerak cepat’ dalam mencari konsumen.

Misalnya, ada seorang teman yang baru menikah.

Maka, Anda bisa langsung menghubungi orang itu secara pribadi untuk menanyakan apakah ingin membeli gorden atau tidak?

7. Membentuk Tim Promosi

Strategi promosi akan lebih maksimal apabila ada tim khusus yang mengerjakan bagian ini.

Dengan adanya tim, Anda dapat saling berbagi gagasan serta bertukar pendapat. Cara ini dapat meningkatkan strategi yang sebelumnya sudah dijalankan.

Simak Juga:: Peluang Bisnis Karpet dan Keuntungan Yang Akan di Dapatkan

Keuntungan Bisnis Gorden yang Bisa Anda Dapatkan

Tak bisa dipungkiri, bahwa bisnis gorden terbukti cukup menjanjikan.

Bukan hanya di perkotaan, orang-orang di daerah pelosok pun banyak ditemukan membuka usaha satu ini.

Mengapa demikian? Karena memang setiap rumah membutuhkan gorden untuk mendekorasi jendela mereka.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di mana kompetitor masih banyak, memang usaha ini agak sedikit berat.

Namun, bukan berarti ini menjadi hambatan besar untuk pemula. Dengan modal kecil, Anda masih bisa merasakan keuntungan dari bisnis ini.

Untuk bisa menang dari kompetitor pengusaha gorden lainnya, beberapa rela mengambil untung sekitar 10% – 20% saja.

Namun, dengan harga kompetitif dan keuntungan kecil, omset bisa mencapai Rp25.000.000 per bulan. Karena itulah, bagi pemula, keuntungan ini sangat menjanjikan.

Di samping mengambil keuntungan kecil, Anda juga perlu memaksimalkan cara promosi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bila strategi sudah tepat, bisa jadi profit margin Anda jauh lebih besar ke depannya.

Usaha apapun tidak dapat menghasilkan keuntungan dengan cara instan.

Berangkat dari cara promosi bisnis gorden yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat bersaing dengan kompetitor secara sehat. Dengan demikian, keuntungan yang Anda peroleh pun bisa lebih memuaskan.

Cara Promosi Bisnis Gorden dan Keuntungan yang Akan Didapatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas