Peluang dan Keuntungan Tambal Ban Mobil Cukup Menjanjikan

peluang-dan-keuntungan-tambal-ban-mobil

Ingin membuka bisnis dengan modal terjangkau tapi bingung? Solusinya adalah tambal ban mobil. Setiap hari, jalanan pasti ramai oleh pengguna kendaraan, termasuk roda empat. Ini menjadi salah satu potensi pendukung dalam meraup keuntungan tambal ban mobil.

Usaha ini kerap dipandang sebelah mata. Padahal, nyatanya pelaku usaha ini tidak jarang meraup omset senilai jutaan rupiah per hari.

Selain itu, dengan peluang baik seperti ini, modal terjangkau tentu akan membuat Anda tergiur.

Peluang Bisnis Jasa Tambal Ban Mobil

Bisnis tambal ban mobil sering dijadikan opsi oleh banyak kalangan sebagai pebisnis pemula.

Anak muda pun tertantang menjalankan usaha ini karena cukup mumpuni untuk mengisi tabungan masa depan.

Bagaimana sebenarnya peluang usaha tambal ban mobil ini?

1. Modal Tidak Terlalu Besar

Dikatakan berpeluang besar karena terbukti dari nilai modalnya saja. Untuk membuka usaha, Anda membutuhkan modal yang sedang-sedang saja, bahkan cukup terjangkau. Di samping itu, bila budget Anda berlebih, penyesuaian nilai-nilai pada modal dapat dilakukan.

2. Tidak Membutuhkan Ruko

Tidak adanya sewa ruko menambah keuntungan tambal ban mobil lain. Usaha ini bisa dibuka di depan rumah, khususnya jika Anda tinggal tepat di area jalan raya. Jadi, daripada menyewa tempat, Anda dapat memanfaatkan ruang kosong di halaman rumah.

3. Tidak Cuma Tambal Ban

Dengan papan nama “tambal ban mobil”, bukan berarti Anda cuma melayani konsumen yang ingin menambal ban saja. Anda dapat menambahkan layanan lain, seperti pengisian angin, baik untuk ban mobil dan ban sepeda motor.

Tarif pengisian angin memang cukup murah, namun dengan jumlah pelanggan setiap harinya, nilai penghasilan dapat bertambah dengan pasti. Di samping itu, Anda juga dapat menambahkan produk lain, seperti sparepart untuk mobil dan juga sepeda motor.

4. Peluang Laku Setiap Hari

Usaha ini sudah dipastikan memiliki konsumen setiap hari. Insiden ban kempes atau bocor merupakan kejadian yang tidak bisa dihindari. Musibah ini dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Karena itu, Anda akan selalu kedatangan konsumen berbeda setiap hari.

5. Profit Margin Besar

Pendapatan adalah uang dari pembayaran biaya tambal ban. Jadi, dapat dibilang bahwa usaha ini akan mendatangkan laba atau profit margin yang cukup menjanjikan.

6. Tidak Memerlukan Banyak Skill

Menjadi seorang pengusaha tambal ban tidak mementingkan skill-skill masa kini. Keterampilan menambal ban dapat dipelajari selama kurang lebih dua hingga tiga hari saja. Anda dapat langsung praktik ketika usaha sudah resmi terbuka untuk umum.

7. Pangsa Pasar Besar

Pangsa pasar yang besar membuat usaha tambal ban mobil menjadi bisnis yang menjanjikan. Bukan pendapat semata, namun kenyataan di lapangan membuktikan langsung. Saat ini, tiap rumah seminimalnya memiliki satu kendaraan, mobil atau sepeda motor, bahkan keduanya.

Maka, tidak menutup kemungkinan setiap hari akan ada ban mobil yang kempes atau bocor. Lokasi kejadian memang tidak dapat diperkirakan. Namun, membuka usaha ini bukanlah pilihan yang keliru untuk mencoba.

Simak juga:: Peluang Usaha Tambal Ban Motor dan Kiat Sukses Mengembangkannya

Berapa Modal Usaha Tambal Ban Mobil?

Dalam menjalankan usaha tambal ban mobil, ada sejumlah rincian modal serta perlengkapan dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Untuk lebih lengkapnya, perhatikan pada tabel berikut ini.

NAMA ITEMHARGA
Mesin kompresor satu unitRp3.000.000
Kunci berbagai ukuranRp400.000
Alat press banRp1.000.000
Penambal banRp400.000
KomporRp200.000
Sendok ban mobilRp300.000
Ban karet untuk menambalRp100.000
Lem, karet, dan minyak tanah untuk menambalRp600.000
Upah pekerjaRp800.000
Biaya air, listrik, sampah, dan teleponRp600.000
Biaya tak terdugaRp400.000
Sewa lokasi (jika tidak membuka usaha di depan rumah)RP500.000
TOTALRp8.400.000

Tips Membuka Usaha Tambal Ban Mobil Untuk Pemula

Bagaimana persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha?

1. Skill dalam Menambal Ban

Anda mungkin mendengar anggapan bahwa salah satu keuntungan tambal ban mobil bocor adalah skill yang diperlukan tidak perlu beragam. Ini memang benar, namun jangan sampai Anda tidak memiliki keterampilan apa-apa saat menjalankan bisnis ini.

Keahlian khusus lain, selain menambal ban, juga ternyata dibutuhkan jika Anda memutuskan untuk mengombinasikan usaha ini dengan layanan lain.

Layanan itu dapat berupa service motor ringan, stel rem, stel velg, dan layanan tambahan lainnya.

2. Menentukan Lokasi Strategis

Persiapan berikutnya dalam membuka usaha ini adalah dengan menentukan lokasi yang strategis dan berpotensi ramai pelanggan.

Pelanggan berasal dari pengguna kendaraan roda empat atau mobil. Dengan premis sederhana ini, lokasi yang tepat adalah di dekat jalan raya.

Di samping itu, Anda pun dapat memilih tempat lain, tetapi tetap didominasi oleh kendaraan roda empat yang sering berlalu-lalang di dekat situ.

Anda juga perlu memikirkan rasa nyaman pelanggan. Sediakan spasi khusus agar mereka dapat memarkirkan kendaraan.

3. Menyiapkan Peralatan Usaha

Bila sudah rampung soal modal, skill, dan lokasi, maka tahap selanjutnya adalah membeli alat-alat untuk membuka usaha.

Peralatan yang diperlukan sudah dijelaskan melalui rincian modal pada tabel sebelumnya.

Peralatan pendukung lain, seperti tempat duduk dan terpal untuk berteduh dapat Anda tambahkan sendiri di kolom biaya tidak terduga.

Di samping itu, Anda dapat menyediakan fasilitas lain nantinya selama menjalankan dan mengembangkan usaha.

Keuntungan Tambal Ban Mobil sebagai Pilihan Usaha

Dengan asumsi biaya tambal ban mobil sebesar Rp15.000, seminimalnya Anda diperkirakan mendapatkan pelanggan sebanyak delapan pemilik mobil. Bila dikalikan 30 hari, omset kotor yang Anda pegang adalah 8 x Rp15.000 x 30 = Rp3.600.000.

Keuntungan bersih didapat dari omset kotor dikurangi biaya operasional. Berdasarkan rincian modal, biaya operasional sendiri adalah sebesar Rp2.900.000. Maka, keuntungan bersih adalah Rp3.600.000 – Rp2.900.000 = Rp700.000.

Dengan besar keuntungan tersebut, maka bisa dipastikan usaha ini cukup menjanjikan.

Anda hanya perlu memilih lokasi yang strategis. Usaha tambal ban mobil juga memiliki banyak kelebihan, pun gampang dikerjakan serta bisa memiminalisir risiko krisis dan rugi.

Selain memilih lokasi yang tepat, Anda juga dapat merasakan keuntungan usah aini apabila memiliki keterampilan dalam menambal ban sekaligus mengelola dan melayani pelanggan.

Dengan tidak wajibnya keberadaan ruko, menjalankan usaha di depan rumah pun menjadi keuntungan tersendiri.

Bisa disimpulkan bahwa keuntungan tambal ban mobil cukup menjanjikan dengan tahap persiapan yang sederhana.

Poin penting dalam usaha ini adalah lokasi, karena banyaknya pelanggan bergantung pada insiden yang tidak terduga di jalanan.

Peluang dan Keuntungan Tambal Ban Mobil Cukup Menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas