Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci di Era Zaman Modern

peluang-usaha-jasa-duplikat-kunci

Kunci merupakan salah satu peralatan penting untuk aktivitas sehari-hari. Namun, karena ukuran kunci rata-rata relatif kecil, sering terjadi insiden kehilangan kunci. Di sinilah Anda perlu menganalisis peluang usaha jasa duplikat kunci dan keuntungan dari bisnis ini.

Duplikat kunci sendiri menjadi salah satu cara untuk membuat kunci cadangan. Ini bertujuan agar ketika kunci utama hilang, kunci duplikat dapat digunakan untuk kegiatan awal.

Karena itulah, jasa duplikat kunci memiliki peluang baik bila dijadikan bisnis.

Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci dan Keuntungannya

Pintu rumah membutuhkan kunci. Kendaraan membutuhkan kunci. Lemari dan beberapa tempat penyimpanan juga membutuhkan kunci.

Sebagai antisipasi saat kunci utama hilang, maka jasa duplikat ini berpeluang untuk menambah pundi-pundi Anda.

Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci

Hampir setiap hari, orang-orang membawa paling tidak satu kunci bersama dengannya ketika bepergian ke luar. Hal ini memang wajar, mengingat sejumlah barang atau kebutuhan memerlukan kunci sebagai akses utamanya.

Namun, kadang kala musibah tertentu dapat menimpa seseorang tanpa direncanakan.

Dapat pula diakibatkan oleh keteledoran sendiri, di mana berakhir pada kehilangan kunci; Entah itu kunci motor, kunci rumah, atau kunci lemari.

Tidak jarang, ketika seseorang memiliki suatu kunci, ia akan langsung membuat duplikatnya sebagai tindakan berjaga-jaga.

Semua ketidaksengajaan dapat terjadi kapan saja, maka orang-orang melaksanakan prinsip sedia payung sebelum hujan.

Bersiap siaga ini menjadi dasar di mana usaha jasa duplikat kunci berpeluang bagus. Bila menilik sejenak, usaha ini terlihat tidak mudah ‘laku’.

Namun, yang namanya berbisnis, tentu harus dibarengi dengan strategi tertentu agar peluang yang ada semakin besar.

Keuntungan Usaha Jasa Duplikat Kunci

Bidang jasa duplikat kunci memang belum marak digembor-gemborkan masyarakat.

Tapi, usaha ini bisa Anda lihat berdiri di sejumlah titik di pinggir jalan. Ini menandakan bahwa peluang usaha jasa duplikat kunci dan keuntungan yang dihasilkan memang nyata.

a. Kunci Berperan Penting dalam Kegiatan Manusia

Seperti pemaparan singkat di atas, kunci adalah alat yang melengkapi beberapa properti penting di sekitar manusia. Properti penting itu dapat berupa rumah, mobil, sepeda motor, lemari, dan properti lain.

b. Modal Cukup Terjangkau

Usaha jasa duplikat kunci dikenal sebagai bisnis yang tidak padat modal. Modal yang Anda butuhkan cukup terjangkau.

Modal terbesar yang harus disiapkan adalah toko atau tempat usaha, mesin penduplikat, serta kunci-kunci yang akan menjadi contoh.

Di samping itu, modal lain yang perlu dimiliki adalah keterampilan pribadi. Ini diperlukan dalam mengoperasikan mesin nantinya.

Bila Anda berencana mempekerjakan pegawai, maka keterampilan ini tidak terlalu diwajibkan. Namun, pengetahuan mengenai penduplikatan kunci tetap hal wajib.

c. Pangsa Pasar Luas

Sebagaimana latar belakang masalah dan peluang yang ditimbulkan, usaha ini pun belum ramai dikerjakan oleh masyarakat.

Bila menyusuri suatu kawasan, Anda pasti tidak selalu menemukan satu pengusaha duplikat kunci. Jadi, ini peluang yang baik untuk memulai menjadi salah satunya.

d. Prospek Bagus

Seiring perkembangan waktu, alat-alat dengan kebutuhan kunci yang digunakan manusia akan semakin bertambah.

Misalnya saja kendaraan bermotor, roda dua maupun empat.

Kesimpulannya, peluang usaha ini memang cukup menjanjikan dengan perkiraan keuntungan yang mumpuni.

Rincian Modal Usaha Jasa Duplikat Kunci

Bagaimana rincian modal untuk usaha jasa duplikat kunci mobil, motor, dan sebagainya ini? Perincian dibagi menjadi beberapa poin, di antaranya adalah bahan baku dan tenaga kerja.

Untuk perincian modal bahan baku dapat dilihat sebagai berikut.

  • Kunci mobil biasa (tanpa karet): 20 x Rp2.500 = Rp50.000
  • Kunci mobil dengan pegangan: 15 x Rp5.000 = Rp75.000
  • Kunci motor biasa: 25 x Rp1.300 = Rp32.500
  • Kunci moto baru (dengan magnet): 15 x Rp10.000 = Rp150.000
  • Kunci rumah (semua tipe): 30 x Rp1.300 = Rp39.000
  • Kunci lemari (semua tipe): 15 x Rp1.300 = Rp19.500

Sementara itu, untuk perincian modal tenaga kerja (jika diperlukan) dapat dilihat sebagai berikut.

  • Pegawai training: Rp150.000 per minggu
  • Pegawai tetap / terampil: Rp250.000 per minggu

Bila seluruhnya ditotalkan, maka rincian modal usaha jasa duplikat kunci adalah sebesar Rp766.000.

Cara Memulai Usaha Jasa Duplikat Kunci

Bila urusan modal sudah rampung, maka langkah selanjutnya adalah langsung memulai usaha Anda.

Ada beberapa tips yang harus disiapkan perlahan-lahan sebelum usaha benar-benar berdiri. Perhatikan poin-poin berikut ini.

1. Menyiapkan Modal

Modal yang diperlukan sudah tertera, berikut rinciannya. Bila dilihat kembali, memang besar modal tidak bernilai fantastis. Namun, modal tetap modal. Jika bisa, usahakan untuk memodali usaha sendiri tanpa berhutang agar perputaran biaya dan keuntungan tetap ada di pihak Anda.

2. Menyiapkan Mesin

Menduplikat kunci tidak dapat dilakukan secara manual dengan tangan kosong. Diperlukan mesin duplikat berkualitas agar kunci duplikat juga benar-benar mirip dengan kunci asli. Mesin berkualitas memang memiliki harga sedikit mahal.

Namun, ini disarankan agar usaha Anda pun bergerak dengan sederhana, tetapi mampu menghasilkan kualitas tinggi. Dengan opsi ini, pelanggan akan memercayai kualitas jasa Anda dan tidak keberatan dengan harga jasa duplikat kunci yang sudah Anda tetapkan.

3. Mengasah Keahlian

Keahlian untuk menduplikat kunci adalah kebutuhan yang merupakan bagian dari modal dalam bentuk non-uang. Meskipun pada akhirnya Anda akan mempekerjakan pegawai, Anda tetap harus memahami dan memperhatikan perkembangan para pegawai tersebut.

Jangan sampai keahlian mereka tidak diasah, dan akhirnya malah menghasilkan kunci duplikat yang bermasalah.

4. Menentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi usaha pun memberikan pengaruh besar dalam mendatangkan pelanggan. Tidak hanya saat memulai, penentuan lokasi akan menjadi dasar bagaimana gambaran bisnis Anda di kemudian hari. Untuk usaha ini sendiri, lokasi ramai adalah opsi tepat.

Pinggir jalan akan dilewati oleh banyak orang. Jadi, dengan papan nama usaha Anda yang dapat dibaca oleh mereka, lokasi pilihan akan mudah pula ditemukan oleh mereka yang hendak mencari usaha satu ini.

5. Melakukan Promosi

Promosi adalah tahap terakhir, yang bisa pula dilakukan saat baru memulai usaha. Usaha Anda akan diketahui oleh khalayak sebelum beroperasi. Jadi, ketika mereka membutuhkan jasa, tempat bisnis Anda lah yang akan mereka hampiri.

Dengan rincian kasar modal usaha yang bernilai ‘kecil’, peluang usaha jasa duplikat kunci dan keuntungan bisnis ini cukup menjanjikan.

Karena pengoperasiannya juga sederhana, harga jasa pun terjangkau, maka Anda harus memikirkan strategi terbaik agar tempat Anda ramai konsumen.

Peluang Usaha Jasa Duplikat Kunci di Era Zaman Modern

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas